Jumat, 11 Mei 2012

Belajar Bahasa Korea Part III


KATA GANTI ORANG PERTAMA TUNGGAL .

1. (na) => ” Aku “

A. Ketika menjadi subyek ( , dan ) :

a. 나는 오늘 동물원에 갔다 ( naneun oneul dongmurwone gatda ) => Aku hari ini pergi ke Kebun binatang.

b. 나는 가을의 새벽을 기다린다 ( naneun gaeurui saebyeogeul gidarinda ) => Aku menanti pagi saat musim gugur

c. 나는 구두를 샀습니다 ( naneun gudureul sassseumnida ) => Aku telah membeli sepatu.

d. 내가 먼저 할께. ( Naeka meonjo halke ) => saya pergi dulu

B. Ketika menyatakan milik ( 나의 atau / nae ) untuk menyatakan .aku atau ku :


a. 가방은 비싸요 ( nae gabangeun bissayo ) => Tas saya mahal

b. 나이가 열여덟 입니다 ( Nae naiga yeol yeodol sal imnida ) => umurku adalah 18 tahun.

C. Ketika menjadi obyek ( 나를 / nareul ).

a. 나를 잡아봐…! ( Nareul jaba bwa..!! ) => Coba tangkaplah daku..!

b 나를 찾니? ( Wae Nareul chani ..? ) => Mengapa mencariku ?

2. (Jeo ): adalah bentuk hormat dari . Ini digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih
tua atau lebih dihormati . Misalnya :

a. 저는 한국 사람입니다 ( jeo-neun hanguk saramimnida ) => Saya adalah orang Korea.

b. 저는 학생 입니다 ( jeo-neun haksaeng imnida ) => Saya adalah seorang pelajar.

c. 제가 자장면을 먹지 않습니다 ( Jega jajangmyeon meogji ansemnida ) => Saya tidak makan mie jajang

d. 이름은 디안이라고 합니다 ( Je ireumeun Dianirago hamnida ) => Nama saya adalah Dian.

e. 저를 불렀어요? ( jeo-reul bulleosseoyo ? ) => Apakah Anda memanggil saya?


3. 우리 ( uri ) dan 저희 (Jeohui). Adalah bentuk jamak dari kata ganti orang pertam tunggal . 우리 adalah bentuk jamak dari ( na ) sedangkan 저희 adalah bentuk jamak dari ( jeo ). Contoh adalah :

a.우리 팀이 이겼다 ( uri timi igyeotta ) => Tim kami menang. Our team won!

b. 것은 우리 학교에요.( igoseun uri hagyoeyo ) => ini adalah sekolah kami.

c. 저희가 가방을 찾아드릴게요. ( jeohuiga kabangeul chaca deurilgayo ) => Kami akan mencari tas anda.

d. 저희를 찾고 계시나요? ( Jeohuireul chatgo kyesinayo ? ) => Apakah Anda mencari kami.

BAKOR
KATA GANTI ORANG part II :

- Saya => ( Jeo )
- Aku => ( Na )
- Anda => 당신 ( Dhangshin )
- Kamu => ( Neo )

- Dia / nya ( laki-laki ) => ( Geu )
- Dia / nya ( perempuan ) =>그녀 ( geunyeo )

- Mereka => 그들 ( Geudeul )
- Kami => 우리 ( Uri )
- Kita => 우리들 ( Uridheul )
- Kami/kita (jamak) => 저희 ( jeoheui )
- Kalian (jamak) => 너희 ( Neoheui )


Keluarga => 가족 ( Gajok ) :

- Ayah => 아버지 ( Abeoji )
- Ibu => 어머니 ( Eomeoni )
- Papa => 아빠 ( Appa )
- Mama => 엄마 ( Eomma )

- Adik => 동생 ( Dongsaeng )
- Adik Laki2 => 남동생 ( Namdongsaeng )
- Adik Perempuan => 여동생 ( Yeodongsaeng )

- Kakak Laki2 ( untuk adik laki2 ) => ( Hyeong )
- Kakak Laki2 ( untuk adik perempuan ) => 오빠 ( Oppa )

- Kakak Perempuan ( untuk adik laki2 ) => 누나 ( Nuna )
- Kakak Perempuan ( untuk adik perempuan ) => 언니 ( Eonni )

- PakDe ( kakak laki2 ayah ) => 큰아버지 ( Keun-abeojhi )
- Istri PakDe ( istri dr kakak laki2 ayah ) => 큰어머니 ( Keun-eomoni )

- Paman ( adik laki2 ayah ) => 작은아버지 ( jageun abeoji ) / 숙부 ( sukbu )
- Istri Paman ( istri adik laki2 ayah ) => 작은어머니 ( jageune omeoni ) / 숙모 ( sukmo )

- BuDe ( kakak perempuan ayah ) => 큰고모 ( keun gomo )
- Suami BuDe ( suami kakak perempuan ayah ) => 큰고모부 ( keun gomobu )

- Bibi ( adik perempuan ayah ) => 작은고모 ( jageun gomo )
- Suami Bibi ( suami adik perempuan ayah ) => 작은고모부 ( jageun gomobu )

- Kakek ( dr pihak ayah ) => 할아버지 ( Harabeoji )
- Nenek ( dr pihak ayah ) => 할머니 ( Halmeoni )

- Kakek ( dr pihak ibu ) => 외할아버지 ( Oeharabeoji )
- Nenek ( dr pihak ibu ) => 외할머니 ( Oe-eomeoni )

- Sepupu => 사촌 ( Sachon )
- Kakak Ipar laki2 => 매형 ( Maehyeong )
- Kakak Ipar Perempuan => 매부 ( Maebhu )
- Adik Ipar => 시동생 ( Si-dongshaeng )

- Bapak Mertua => 시아버지 ( Si-abeoji )
- Ibu Mertua => 시어머니 ( Si-eomeoni )
- Saudara laki2 => 형제 ( hyeongje )
- Saudara perempuan => 자매 ( jamae )
- Orang tua => 부모님 ( bumonim )

- Suami => 남편 ( nampyeon )
- Istri => 아내 ( anae )
- Anak laki2 => 아들 ( adeul )
- Anak perempuan => ( ttal )

- Cucu laki2 => 손자 ( sonja )
- Cucu perempuan => 손녀 ( sonnyeo )
- Keponakan => 조카 ( joka )

- BAKOR -
I. Kalimat pernyataan ( Declarative )

contoh kalimat formal :
1. 저는 집에 갑니다 ( jeoneun jibe gamnida ) => Saya pergi ke rumah ( pulang )
2. 나는 책을 읽습니다 ( naneun chaegeul irkseumnida ) => Aku membaca buku.

contoh kalimat informal :
1. 아무 것도 없네요 ( amu geotdo hal su eomneyo ) => Tak ada sesuatupun yang bisa aku kerjakan.

2. 하늘에 별들이 반짝 반짝 빛나네요 ( haneure byeoldeuri banjjak banjjak bitnaneyo ) => Bintang-bintang nampak gemerlapan bercahaya di langit.

3. 나는 시장 에서 바나나를 사겠다 ( naneun sijang eseo bananareul sagetda ) => Saya akan membeli pisang di pasar.

4. 나는 학생이 아니다 ( Naneun haksaengi anida ) => Saya bukan seorang pelajar.

5. 책상에 책이 없다 ( chaeksange chaeki opda ) => Di meja tidak ada buku.
6. 그분은 한국 말을 모른다 ( keubuneun hanguk mareul moreunda ) => Beliau itu tidak mengerti bahasa Korea.

7. 리나 학교에 안갔습니다 ( Lina hak gyoe an gasemnida ) => Lina tidak pergi ke sekolah.
atau. .
- 이마는 학교에 가지 못했습니다 ( Imaneun hak gyoe gaji mothessemnida ) => Ima tidak bisa pergi ke sekolah.


II. Kalimat Pertanyaan ( Interrogative )

contoh formal :
1. 무슨 잡지를 읽으십니까? (museun japjireul ilgeusimnikka? ) => Majalah apa yang Anda baca ?

2. 학생이 도서관에 많습니까 ? ( haksaengi doseogwane manseumnikka ? ) => Apakah banyak pelajar di Perpustakan ?

3. 그것이 무슨 인생이라 말할 있겠느냐.( geugeosi museun insaengira malhal su itgenneunya ) =>…bisa dikatakan kehidupan apakah itu?

4. 이게 사랑인가요? ( ige sarang ingayo ) => Apakah ini cinta..?

5. 그댄 이렇게 맘을 아프게 하나요 ? ( geudaen wae ireoke nae mameul apeuge hanayo? ) => Engkau mengapa membuat hatiku sakit seperti ini ?

Catatan :
contoh kata tanya antara lain :
a. 무엇 ( muos )apa .
- contoh : 무엇을 마십니까 ? ( muoseul masimnikka? ) => minum apakah anda?

b. 누구 ( Nugu )siapa .
- contoh : 그분이 누구예요 ( geubuni nuguyeyo ) orang itu siapa?

c. 어디 ( Odi ) dimana, kemana .
- contoh : 사무실이 어디예요 ( samusili odiyeyo ) => dimana kantornya ?

d. 언제 ( onje ) Kapan .
- contoh : 언제 한국애 왔어요 ( onje hanguke wassoyo ? ) => Kapan anda datang ke korea?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar